Wawasan Al-Qur'an, Wawasan Umum

3 Manfaat Keutamaan Melakukan Tadarusan Di Bulan Ramadhan

apa itu tadarus

Apa itu tadarus dan keutamaan yang bisa didapat darinya? Tadarus sendiri seringkali diidentikkan dengan kegiatan membaca Alquran yang dilakukan di bulan suci ramadhan. Kegiatan tadarus bisa dilakukan di berbagai tempat, entah di masjid atau musala, hingga di rumah sendiri.

Alquran sendiri merupakan mukjizat yang diturunkan oleh Allah SWT kepada nabi Muhammad. Mereka yang mau menghafalkan, membaca, dan mendengarkannya akan mendapatkan banyak kebajikan darinya.

Definisi dan Pengertian Apa Itu Tadarus Al-Quran

manfaat tadarus alquran

Tadarus diambil dari kata darosa-yadrusu yang artinya mempelajari, meneliti, mengkaji, menelaah, dan juga mengambil pelajaran. Kata tersebut ketambahan huruf ta’ di bagian depan. Sehingga makna dari kata tersebut juga bertambah menjadi saling belajar atau mempelajari secara mendalam.

Terutama di bulan ramadhan, tadarus seringkali dilakukan setelah menunaikan sholat tarawih. Di Indonesia, tadarus biasanya berbentuk majelis dimana para pesertanya akan bergantian untuk membaca Alquran.

Saat satu orang membaca, maka orang yang lainnya akan menyimak. Selain itu, ada juga majelis dengan peserta yang membaca Alquran secara bersamaan dan didampingi dengan seorang pembimbing.

Di bulan suci ramadhan, biasanya banyak kaum muslimin yang berkumpul di masjid untuk membaca Alquran bersama-sama. Amalan ini baik untuk dilakukan, seperti penjelasan hadis riwayat imam Muslim dari Abu Hurairah

“Tidaklah berkumpul suatu kaum di salah satu rumah Allah seraya membaca kitab Allah dan mempelajarinya di antara mereka, kecuali turunlah ketenangan atas mereka, serta mereka diliputi rahmat, dikerumuni para malaikat dan disebut-sebut oleh Allah kepada para malaikat di hadapan-Nya.

Hal ini juga diperkuat dengan sabda Rasullullah “Apabila suatu Allah (masjid) sambil membaca Alquran dan saling bertadarus bersama-samam niscaya akan turun ketenangan atas mereka, rahmat Allah akan meliputi mereka, para malaikat akan melindungi mereka dan Allah menyebut kepada makhluk-makhluk yang ada di sisiNya” (HR.Muslim).

Tadarus juga bisa dilakukan dengan memanfaat pengeras suara. Menurut Imam Al Ghazali penggunaan pengeras suara terkadang lebih utama, asal tidak menimbulkan riya’.

“Apabila tidak khawatir riya, maka membaca dengan suara keras lebih utama karena perbuatan membaca dengan suara keras lebih banyak, dan faidahnya mengalir kepada orang lain. Amal ibadah yang menfaatnya dirasakan orang lain lebih utama daripada ibadah yang tidak dirasakan orang lain”.

Perbedaan Tadarus Dengan Amalan Membaca Alquran Lainnya

keutamaan tadarus

Jika ditelaah secara lebih lanjut, maka kegiatan tadarus yang banyak dilakukan di Indonesia tidak lebih dari sekedar membaca Alquran. Banyak yang membaca Alquran tanpa adanya praktik untuk mengkaji dan juga mempelajari makna yang ada di dalam Alquran.

Inilah kenapa kegiatan dari suatu majelis yang hanya membaca Alquran tanpa mempelajari pelajaran di dalamnya lebih tepat disebut dengan tilawah. Tilawah sendiri memiliki arti membaca. Tilawah tentu berbeda dengan tadarus.

Jika tilawah hanya membaca, maka dengan melakukan tadarus, seseorang bisa lebih mengetahui kisah, aklhak, ilmu pengetahuan, janji, peringatan, ketauhidan, dan juga berbagai hal yang terdapat di dalam Alquran.

3 Keutamaan Tadarus Alquran Di Bulan Suci Ramadhan

apa itu tadarus

Ada banyak keutamaan dari bulan ramadhan, sehingga kedatangannya akan selalu ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Salah satunya adalah pahala yang berlipat ganda, sehingga banyak orang yang berlomba-lomba dalam memperbanyak amal mereka.

Untuk mendapatkan amal dan pahala berlipat di bulan suci, maka ada banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan melakukan tadarus di bulan suci yang menawarkan banyak sekali keutamaan. Dan berikut ini ada setidaknya 3 keutamaan yang bisa didapatkan.

1. Akan Dikumpulkan Bersama Malaikat

Setiap orang tentu ingin berada di tempat yang baik yakni di surga. Untuk mendapatkan tempat di surga, banyak orang berlomba-lomba dalam kebaikan termasuk dengan membaca serta mengamalkan Alquran.

Hal ini juga diperkuat dengan sabda nabi Muhammad “Orang yang mahir membaca Alquran kelak (mendapat tempat di surga) bersama para malaikat yang mulia lagi taat. Sementara orang yang kesulitan dan berat jika membaca Alquran, maka ia mendapatkan dua pahala” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sedangkan dari Ibnu Abbas r.a (diriwayatkan bahwa) ia berkata:”Rasullullah SAW adalah orang yang paling dermawan, apalagi pada bulan Ramadhan, ketika ditemui oleh Malaikat Jibril pada setiap malam pada bulan Ramadhan, dan mengajaknya membaca dan mempelajari Alquran. Ketika ditemui Jibril, Rasullullah adalah lebih dermawan daripada angin yang ditiupkan. “Kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan. Saya tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Min satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

2. Memberikan Pertolongan di Akhirat

Ada beberapa jenis ibadah yang akan memberikan syafaat pada seorang hamba saat berada di akhirat. Ibadah tersebut adalah ibadah puasa dan juga membaca Alquran. Hal ini didasarkan dari sabda Rasullullah seperti yang berikut ini.

“Puasa dan Alquran akan memberi syafaat (pertolongan) pada seorang hamba di hari kiamat.” Puasa berkata: “Ya Tuhanku, karena aku orang tersebut menahan makanan dan syahwat. Berilah syafaat bagiku untuknya.” Alquran juga berkata: “Ya Tuhanku, karena aku orang tersebut menahan tidak tidur di malam hari. Berilah syafaat bagiku untuknya.” (HARI. Ahmad dan Thabrani).

Dengan demikian, memperbanyak amalan dengan bertadarus membuat seseorang menjadi lebih tenang hatinya karena bisa mendapatkan syafaat.

3. Mendapatkan Pahala

Apa itu pahala? Adalah ganjaran dari Allah SWT kepada seseorang yang telah mengerjakan amal yang baik. Pahala bisa didapatkan dengan melakukan hal yang baik, termasuk dengan melakukan tadarus. Hal ini diperkuat dengan firman Allah seperti yang berikut ini.

“Di antara amal kebajikan yang sangat dianjurkan dilakukan di bulan Ramadhan adalah tadarus Alquran. Tadarus Alquran berarti membaca, merenungkan, menelaah, dan memahami wahyu-wahyu Allah SWT yang turun pertama kali pada malam bulan Ramadhan. “QS. Al baqarah ayat 185.

Dan masih banyak kebaikan lainnya yang bisa didapatkan dengan melakukan tadarus Alquran. Tadarus juga bisa dijadikan sebagai penyambung dilaturahmi. Dalam hal ini, tadarus bisa dilakukan bersama-sama di masjid ataupun di rumah bersama dengan orang lain, entah teman, keluarga, ataupun rekan lainnya.

Alhasil, silaturahmi juga akan lebih terjaga dan bukannya terputus begitu saja karena kesibukan masing-masing. Tadarus juga membuat waktu menjadi tidak terbuang sia-sia karena digunakan untuk melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat.

Mengetahui apa itu tadarus Alquran sangatlah penting mengingat ada banyak manfaat yang bisa didapatkan darinya. Meski demikian, ibadah di bulan ramadhan tidak hanya tadarus saja, melainkan masih banyak lainnya yang bisa dilakukan untuk menumpuk kebajikan di bulan ramadhan.

Bagi Anda yang berminat melakukan pemesanan Alquran berkualitas, bisa hubungi jasa percetakan alquran terbaik. Adalah Gema Risalah Press yang merupakan percetakan Al-Qur’an dengan berbagai produk Alquran pilihan yang bisa dipilih sesuai dengan budget dan juga kebutuhan. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *