Wawasan Al-Qur'an

Adab Sebelum Memulai dan Ketika Membaca Alquran

Adab Sebelum Memulai dan Ketika Membaca Alquran

Sebagai seorang muslim tentu harus mengetahui adab sebelum membaca alquran yang benar. Alquran sendiri merupakan kitab suci umat Islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad untuk disampaikan kepada kaumnya. Sebagai pedoman hidup, ada berbagai hal yang telah diatur di dalam alquran termasuk tentang makanan yang baik, kebaikan membaca Alquran dan lain sebagainya. Berikut ini adalah adab sebelum membaca kitab suci alquran yang perlu kamu ketahui :

Adab Saat Mengambil Alquran

Adab Saat Mengambil Alquran

Saat ingin membaca alquran maka ketahui dulu doa dan adab-adab nya. Untuk doanya sendiri, maka kamu bisa membaca Allahummaftah ‘alayya hikmataka wansyur ‘alayya rahmataka wa dzakkirniy maa nasiytu yaa dzaljalaali wal ikrom. Artinya adalah Ya Allah bukakanlah untukku hikmah-Mu, dan bentangkanlah untukku rahmat-Mu, dan ingatkanlah apa yang aku lupa. Wahai Dzat Maha Agung dan Maha Mulia

Selain doa tersebut, kamu juga bisa membaca doa lain yang dianjurkan. Setelah membaca doa, maka terapkan adab saat mengambil alquran, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Pastikan suci dari hadas => Sebaiknya kamu dalam keadaan suci dari hadas. Biasakan untuk berwudhu dan dalam keadaan bersih. Baru setelah itu, kamu bisa mengambil alquran. Jika perlu, bersihkan mulut karena mulut merupakan tempat keluarnya huruf dalam alquran. Kamu bisa sikat gigi dulu agar mulut menjadi bersih.
  • Gunakan tangan kanan untuk mengambil alquran => Biasakan untuk menggunakan tangan kanan dalam mengambil alquran. Tangan kanan sendiri merupakan tangan yang disukai untuk melkaukan banyak hal. Rasulullah sendiri sudah terbiasa menggunakan tangan kaan untuk mengambul sesuatu hingga untuk berjabat tangan.
  • Dekap alquran dengan penuh cinta => Sebaiknya, ambil dan dekap alquran. Usahakan jangan ditenteng atau dijinjing. Hal tersebut karena termasuk tidak memuliakan kitab suci alquran yang menjadi pendoman hidup umat Islam. Dan yang tidak kalah penting adalah ambil alquran secara perlahan.

Dengan menerapkan etika dan adab mengambil alquran, maka kamu berarti sudah memuliakan alquran. Terapkan setiap kali kamu ingin membaca alquran dimana pun dan kapanpun.

Adab Saat Membawa Alquran

Adab Saat Membawa Alquran

Selain saat mengambil, saat membawa alquran pun ada adabnya. Dengan begitu maka akan tercermin sebesar apa keicntaan dan penghormatanmu terhadap alquran. Alquran sendiri merupakan rahmat dan petunjuk bagi manusia yang beriman yang diturunkan secara berangsur-angsur. Kini, kamu bisa membaca alquran kapan saja. Namun alangkah baiknya jika kita menerapkan adab membawa alquran berikut ini saat ingin membacanya :

  • Cara membawa alquran => Bawa alquran dengan cara didekap di dada dan bawa dengan hati-hati. Jika bisa jangan sambil lari sebagai wujud memuliakan  alquran.
  • Jika alquran diletakkan di dalam tas => Jika alquran ad adi dalam tas, sebisa mungkin dekap tas saat dibawa bepergian.

Alquran merupakan kitab bagi umat Islam. Jadi, kita harus menghargai dan memuliakannya. Jangan sembarangan membaca maupun membawa alquran tanpa adab yang tepat.

Adab Saat Membaca Alquran

Adab Saat Membaca Alquran

Selain saat mengambil maupun membawa alquran, ternyata saat ingin mmebacanya, kita sebaiknya menerapkan adab yang tepat. Beberapa hal yang bisa kita terapkan adalah :

  • Dalam keadaan suci dari hadas => Sebisa mungkin untuk berwudhu terlebih dahulu sebelum membawa alquran. Dengan demikian maka kita akan suci dari hadas.
  • Cara berpakaian => Gunakan pakaian yang suci, menutup aurat dan sopan. Kalau bisa gunakan pakaian terbaik dan pantas untuk membaca kitab suci alquran.
  • Letakkan alquran dengan cara yang mulia => Salah satunya adalah kita bisa meletakkan alquran di atas meja. Sebagai alternatif jika tidak ada meja, maka gunakan kedua telapak tangan untuk menengadah alquran. Jadi, hindari meletakkan alquran di lantai sebagai bentuk kecintaanmu terhadap kitab suci alquran.
  • Usahakan menghadap kiblat => Saat membaca, usahakan menghadap kiblat sambil membacanya karena membaca alquran adalah salah satu bentuk ibadah. Usahakan pula untuk duduk dengan sopan di tempat yang layak dan dalam posisi tegak. Baca alquran dengan penuh perhatian saat membacanya.
  • Hadirkan rasa tawadhu’ => Hadirkan rasa tawadhu’ saat membaca setiap huruf dalam alquran dan dengan penuh kecintaan pada Allha SWT. Tawadhu’ sendiri merupakan rasa tunduk pada kebesaran yang pencipta yaitu Allah yang Maha Esa.
  • Baca doa terlebih dahulu => Baca doa terlebih dahulu saat ingin membaca alquran seperti yang telah diterangkan di atas. Ada pula tuntunan doa lain yang bisa kamu terapkan sebelum membaca alquran.
  • Baca ta’awudz => Bacaan ini adalah doa memohon perlindungan kepada Allah dari syetan yang terkutuk. Jadi, akan lebih baik jika kita membaca ta’awudz khususnya sebelum membaca alquran. Lalu, baca bismillah untuk memulai membaca alquran.
  • Jangan membawa alquran bersama dengan kegiatan lain => Baca alquran dengan penuh perhatian. Jadi jangan barengi dengan kegiatan lain seperti makan, minum, tertawa maupun sambil mengrobrol. Jangan juga barengi membaca alquran sambil tertawa.
  • Membaca dengan khusyuk => Baca alquran dengan khusyuk dan juga fasih. Jika perlu, mintalah bantuan orang lain untuk menuntun dan mengajari membaca alquran dengan baik, khususnya bagi yang masih dalam tahap belajar membaca alquran.
  • Saat sudah selesai membaca => Jika sudah selesai membaca, maka dianjurkan untuk mencium alquran sebagai salah satu cara memuliakan alquran. Tutup kitab alquran dengan hati-hati dan perlahan.

Berbagai amalan dan adab di atas bisa kamu terapkan saat membaca alquran. Jangan lupa untuk menjaga kesucian diri saat membaca alquran.

Adab Saat Meletakkan Alquran

Adab Saat Meletakkan Alquran

Saat ingin meletakkan alquran, ada pula adabnya. Letakkan alquran pada tempat yang lebih tinggi. Hal ini agar alquran tidak terlangkahi. Tempat yang tinggi juga bisa mencegah jangkauan anak-anak maupun hewan peliharaan.

Lalu, jangan lupa untuk memastikan kebersihan tempat meletakkan alquran ini. Selain itu, jangan letakkan benda lain di atas alquran sebagai bentuk memuliakan kitab suci ini.

Rawatlah alquran dengan baik dan usahakan selalu bersih dari kotoran dan debu. Dengan demikian, maka alquran tidak mudah rusak.

Sebenarnya, banyak tata cara dan adab dalam membaca alquran. Hal ini tergantung pada setiap golongan yang ada. Cara di atas bisa kamu terapkan saat ingin membaca alquran.

Alquran sendiri merupakan kitab suci umat Islam yang masih terjaga keasliannya sampai saat ini. Kamu bisa membeli alquran berbagai model dan ukuran di Gema Risalah sebagai percetakan alquran terpercaya. Kamu bisa membeli satuan maupun dalam jumlah banyak untuk keperluan wakaf. Kamu juga bisa memilih sendiri alquran di tempat kami sesuai dengan keinginan. Ada alquran dengan terjemah dan ada pula alquran ukuran besar yang cocok untuk lansia maupun bagi yang masih dalam proses belajar membaca alquran.

Produk alquran dan buku Islami dari Gema Risalah bisa juga digunakan sebagai koleksi di sekolah atau kampus. Kamu bisa membelinya melalui toko online kami atau dengan menghubungi CS kami jika ingin membeli secara grosir atau dalam jumlah yang besar.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.