Wawasan Al-Qur'an

Mendapatkan Pahala Membaca Alquran di Bulan Ramadhan

Mendapatkan Pahala Membaca Alquran di Bulan Ramadhan

Setiap muslim tentu ingin mendapatkan pahala membaca alquran di Bulan Ramadhan dan kebaikan di dalamnya. Bulan Ramadhan sendiri merupakan bulan dimana alquran diturunkan sebagai petunjuk umat manusia. Di dalam bulan ini ada berbagai kemuliaan dan keistimewaan. Salah satunya adalah besarnya pahala bagi yang mau membaca alquran.

Pahala yang Berlipat saat Membaca Alquran

Pahala yang Berlipat saat Membaca Alquran

Dalam riwayat hadis dinyatakan bahwa bagi siapa saja yang membaca satu huruf alquran, maka ada satu kebaikan baginya. Sedangkan satu kebaikan ini akan dilipatkan menjadi 10 kebaikan.

Jadi, pada bulan yang mulia dan istimewa seperti Ramadhan, maka sebaiknya kita isi dengan membaca alquran. Jika memungkinkan, maka baca dengan tajwid yang baik serta ditadabburi. Lalu, pahami dan amalkan isi dalam alquran. Jadi, bukan hanya pahala yang akan didapat, melainkan juga berbagai kebaikan yang akan kita dapat dari membaca alquran.

Kehebatan Membaca Alquran di Bulan Ramadhan

Kehebatan Membaca Alquran di Bulan Ramadhan

Ada banyak kebaikan dari membaca alquran. Bukan hanya pahala yang berkali lipat, namun alquran sebagai pedoman hidup ini juga bisa membawa berbagai kehebatan, seperti halnya :

  • Seorang muslim bisa mendapatkan pahala yang berlipat ganda
  • Kita dijauhkan dari godaan setan
  • Kita bisa mengetahui apa saja makna dan kandungan dari alquran
  • Membaca alquran bisa membuat hati lebih tenang dan damai
  • Selalu bisa mendapat jawaban dari setiap persoalan hidup
  • Membantu membangun pikiran positif dengan banyaknya hikmah  di dalam alquran

Dengan demikian, sebagai umat Islam tidak akan rugi jika kita mau berlomba lomba dalam membaca dan mengamalkan alquran, terutama di bulan Ramadhan.

Keistimewaan Bulan Ramadhan bagi Umat Islam

Keistimewaan Bulan Ramadhan bagi Umat Islam

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia dan penuh kebaikan bagi umat Islam. Kita bisa mendapatkan ladang pahala dari berbagai amalan di bulan ini. Salah satunya adalah pahala dari membaca alquran.

Bulan Ramadhan sendiri merupakan bulan dimana alquran diturunkan oleh Jibril kepada Nabi Muhammad. Selain mendapatkan pahala, dengan membaca alquran maka kita akan mendaptakn obat dari penyakit fisik dan hati. Hal ini sesuai dengan penjabaran di dalam alquran dimana alquran juga menjdai obat dan rahmat bagi orang yang beriman.

Kita juga bisa menerangi rumah dibulan Ramdhan dengan membaca alquran. Karena dalam hadis sudah dijelaskan bahwa setan tidak akan masuk ke rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al-Baqarah.

Tips Menghatamkan Alquran di Buan Ramadhan

Tips Menghatamkan Alquran di Buan Ramadhan

Dengan membaca alquran maka pahala akan diberikan. Karena itu, pada bulan Ramadhan maka banyak yang berlomba-lomba untuk menghatamkan alquran. Lalu, bagaimana cara dan tips yang bisa kamu terapkan agar bisa khatam pada bulan tersebut?

  • Harus membangun niat => Miliki motiivasi dan niat yang kuat untuk bsia khatam alquran pada bulan Ramadhan. Dengan demikian, maka ketka kamu mengerjakannya maka semuanya akan menjadi ringan. Niatkan ketika membaca alquran hanya untuk mencari ridho Allah.
  • Buat rencana waktu membaca alquran => Atur dan tentukan kapan kamu mau membaca alquran. Kamu bisa pilih waktu sambil menunggu berbuka, sebelum sahur, maupun setelah sahur.
  • Baca 1 juz 1 hari => Usahakan untuk menyelesaikan satu juz untuk satu harinya. Dengan begitu, maka kamu akan lebih ringan untuk membagi waktunya.

Ada banyak cara untuk bisa membaca alquran lebih lama dan lebih banyak saat bulan Ramadhan. Kamu bisa juga membeli alquran mini untuk bsia dibawa kemana saja. Kamu bisa beli alquran ini di Gema Risalah. Kami adalah percetakan alquran terpercaya.

Salah satu layanan kami adalah bisa melayani pembelian secara grosir maupun satuan. Kamu juga bisa membeli alquran maupun buku Islam kapan saja dan dari mana saja lewat toko online kami.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.