Produk dan Layanan Gemarisalah

Apa itu badan wakaf Alquran dan Apa Saja Tugasnya

Apa itu badan wakaf Alquran dan Apa Saja Tugasnya

Salah satu cara wakaf Alquran adalah melalui Badan Wakaf Alquran atau BWA yang mudah dan amanah. Lembaga ini fokus pada kegiatan wakaf dan selalu mengedukasi kita untuk menjadikan wakaf sebagai gaya hidup. Mereka sering mengadakan proyek-proyek yang solutif dan kreatif untuk menyalurkan dana wakaf yang dikumpulkan. Selain uang, Anda juga bisa mewakafkan Alquran di lembaga ini.

Apa Itu Badan Wakaf Alquran?

Apa Itu Badan Wakaf Alquran

Sebelumnya, Anda harus mengetahui dulu apa itu wakaf. Wakaf adalah menahan benda milik seseorang lalu menyedekahkan benda tersebut di jalan Allah. Ada berbagai benda yang bisa diwakafkan, seperti halnya tanah seryta Alquran dan benda lain yang tidak mubah sifatnya atau tidak haram serta memberikan manfaat ketika orang lain.

Untuk menampung kegiatan wakaf Anda, maka BWA hadir dengan kinerja yang amanah. Lembaga ini akan menyalurkan dan mendistribusikan Alquran kepada mereka yang membutuhkan termasuk sekolah dan pondok pesantren maupun ke wilayah yang terpencil. Dengan wakaf Alquran, maka akan menjadi amal yang terus mengalir bahkan ketika kita meninggal dunia selama Alquran dibaca dan dimanfaatkan.

BWA juga merupakan lembaga yang menyalurkan program wakaf untuk kemanusiaan ke daerah-daerah. Lembaga ini juga menyalurkan Alquran ke wilayah yang rawan pendidikan dan rawan aqidah.

Sejarah Berdirinya Badan Wakaf Alquran

Sejarah Berdirinya Badan Wakaf Alquran

BWA bukan hanya menyalurkan Alquran ke berbagai daerah saja. Akan tetapi, lembaga ini juga melakukan pembinaan dan program pendukung yang  kreatif. Lalu bagaimana lembaga ini berdiri?

Pada tahun 2005, sejumlah ulama dan Profesional Muslim menggagas lembaga Badan Wakaf Alquran atau BWA. Lembaga ini resmi tercatat secara resmi sebagai lembaga yang sah dan diakui hukum. Bahkan berdirinya BWA ini mendapatkan sambutan yang hangat dari MUI terbukti dengan terbitnya Surat Rekomendasi MUI No U-217/MUI/VI/2006.

Salah satu misi dari BWA adalah memberikan manfaat kepada umat melalui program wakaf yang dijalankan.

Program dan Kegiatan Badan Wakaf Alquran

Program dan Kegiatan Badan Wakaf Alquran

 

Di lembaga BWA ini, ada berbagai kegaitan dan program yang bermanfaat bagi umat. Beberapa diantaranya adalah :

  • Wakaf Alquran dan pembinaan => BWA menyalurkan Alquran ke berbagai wilayah di tanah air bahkan di wilayah terpencil yang rawan aqidah. Lembaga ini juga turut menyelenggarakan program pembinaan di daerah.
  • Wakaf sarana pembangkit listrik => Wakaf ini khusus pembangunan pembangkit listrik tenaga air baik pikohidro maupun mikrohidro untuk desa yang belum teraliri listrik. Pada program ini ditujukan juga agar masyarakat memetik manfaat dari listrik dengan pengetahuan keislaman dan pemberdayaan ekonomi.
  • Wakaf sarana air bersih => Program ini bertujuan membangun sarana air bersih di daerah yang krisis air bersih maupun di wilayah yang tertimpa bencana.
  • Donasi pendidikan => Program donasi pendidikan atau Indonesia Belajar ini membantu anak-anak yang kesulitan biaya pendidikan sehingga bisa tetap bersekolah.
  • Sedekah kemanusiaan => Salah satu kegiatan program ini adalah renovasi rumah tidak layak huni dengan inovasi penggunaan teknologi bambu. Selain itu, ada pula kegiatan pengadaan tempat tidur bagi pengungsi atau bagi santri di pondok pesantren tradisional.

Ada berbagai macam kegiatan bermanfaat dari Badan Wakaf Alquran atau BWA. Kamu bisa ikut bergabung untuk menyalurkan kebaikan dan berwakaf di lembaga ini.

Salah satunya adalah kamu bisa wakaf Alquran dan bisa beli langsung di toko online kami. Sedangkan untuk pemesanan dalam partai besar untuk diwakafkan, maka  bisa hubungi CS kami yang bertugas. Kami akan membantu pengiriman Alquran langsung ke alamat tujuan. Gema Risalah sudah dikenal sebagai Percetakan Alquran yang murah dan aman.

Back to list

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *