Wawasan Al-Qur'an, Wawasan Umum

Berbagai Pahala Membaca Kitab Suci Alquran Bagi Umat Islam

pahala membaca alquran

Ada banyak pahala membaca alquran yang bisa didapatkan. Kebaikan membaca alquran juga telah dijelaskan dalam berbagai dalil dan juga firman Allah SWT. Alquran sendiri adalah kitab suci umat islam yang diturunkan melalui perantara malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW.

Membiasakan diri membaca alquran memberikan banyak sekali keuntungan bagi umat muslim, seperti berbagai keuntungan yang berikut ini :

1. Mendapatkan Pahala

pahala membaca alquran

Setiap orang tentu menginginkan dirinya mendapatkan pahala yang berlipat. Dengan banyaknya pahala yang bisa didapatkan, seseorang juga akan mendapatkan kehidupan yang lebih baik di akhirat sana.

Salah satu cara untuk mendapatkan berlipat adalah dengan membiasakan diri membaca alquran. Tidak perlu khawatir meski Anda belum mampu membaca alquran dengan baik karena saat membaca terbata-bata pun, Anda bisa mendapatkan pahala darinya.

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasullullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Yang mahir membaca Alquran bersama malaikat yang terhormat, dan yang membaca alquran sedangkan ia terbata-bata serta mengalami kesulitan maka baginya dua pahala.” (HR. Bukhari/4937 dan Muslim/798).

Alquran sendiri menggunakan bahasa Arab yang membuat pembacanya terkadang mengalami kesulitan. Meski demikian, Allah SWT tidak menyia-nyiakan usaha hambanya dengan memberikan 2 kebaikan yakni pahala karena sudah membaca dan pahala atas usaha yang dilakukannya.

Pahala membaca alquran yang berlipat-lipat juga dikuatkan dengan sabda dari Nabi Muhammad SAW.

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari alquran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alof lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan min satu huruf.” (HR. Bukhari).

2. Mengusir Setan

pahala membaca alquran

Agar rumah tetap aman dan terlindungi dari setan, Anda bisa membiasakan diri dengan membaca alquran. Seperti yang telah disampaikan dalam sebuah hadits shahih Rasullullah shallallalu alaihi wa sallam.

“Janganlah kamu menjadikan rumahmu (seperti) kuburan (dengan tidak pernah mengerjakan shalat dan membaca alquran di dalamnya), sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibaca didalamnya surat al-Baqarah”

Menurut lafazh riwayat at-Tirmidzi “ Sesungguhnya setan tidak akan masuk ke rumah yang dibaca di dalamnya surat al-Baqarah.

3. Menenangkan Hati

pahala membaca alquran

Apakah Anda sering merasa tidak tenang, entah secara batin ataupun pikiran? Jika memang demikian, maka tidak ada salahnya menjadikan kegiatan membaca alquran sebagai solusi atau penawarnya. Kegiatan membaca alquran bisa membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang dikuatkan dengan firman Allah Ta’ala dalam surat Ar-Rad ayat 28.

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram”

4. Meningkatkan Keimanan

pahala membaca alquran

Ada banyak cara yang bisa dilakukan demi menambah keimanan. Cara tersebut bisa berupa apa saja seperti memikirkan tanda-tanda kekuasaan Allah lewat alam, beramal saleh, hingga membaca alquran. Seseorang yang semakin rajin membaca kitab Allah akan semakin dekat juga dengan Allah.

5. Terhindar dari Kesesatan

tidak sesat
Menjadi salah satu manfaat yang sangat penting karena dengan membaca alquran, seseorang juga akan terhindar dari celaka. Banyak ajaran baik yang bisa didapatkan dengan mempelajari alquran. Anda bisa mengambil ajaran yang baik tersebut dan diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

Manfaat membaca alquran yang satu ini juga dikuatkan oleh firman Allah SWT, seperti yang berikut ini.

“Maka jika datang kepadamu petunjuk daripada-Ku (wahai manusia), lalu barangsiapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya dia tidak akan sesat dan tidak akan celaka” (QS Thaha:123).

6. Memberi Syafaat

manfaat baca alquran

Apa itu syafaat? Adalah pertolongan dari nabi Muhammad SAW kepada umatnya di hari kiamat. Dengan adanya syafaat, seseorang akan mendapatkan keringanan atau kebebasan dari hukuman.

Membaca alquran bisa mendatangkan kemuliaan, tidak hanya di dunia, namun juga di akhirat. Hal ini diperkuat dengan hadits “Bacalah bait alquran karena sesungguhnya padahari kiamat nanti akan datang memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya,” (HR.Muslim).

7. Diangkat Derajatnya

manfaat baca alquran

Allah SWT akan mengangkat derajat mereka yang membaca alquran juga mengamalkan isi ajarannya. Inilah kenapa penting bagi umat islam untuk mempelajari isi alquran agar bisa diambil hikmah dan juga ilmu di dalamnya.

Bagi Anda yang tidak bisa memahami alquran karena tidak bisa berbahasa Arab, Anda bisa mempelajarinya melalui alquran terjemahan. Selain itu, bisa juga belajar kepada mereka yang lebih paham. Untuk hasil yang lebih baik dan cepat, Anda bisa belajar alquran secara rutin.

Seiring dengan meningkatkan teknologi yang ada saat ini, cara belajar alquran juga semakin bervariasi. Bahkan, jika Anda sibuk dan tidak ada waktu untuk mencari guru mengaji, Anda juga bisa membaca dan mempelajari alquran secara online.

8. Bermanfaat bagi Orang Tua

alquran penolong

Manfaat membaca alquran ternyata tidak hanya baik untuk diri sendiri. Dalam hal ini, orang tua dari si anak juga akan mendapatkan banyak kebaikan, seperti sabda Rasullullah SAW dari Mu’adz Al-Juhani.

“Barangsiapa membaca Alquran dan mengamalkannya apa yang terkandung di dalamnya, maka kedua orangtuanya akan dikenakan mahkota pada hari Kiamat yang cahayanya melebihi cahaya matahari seandainya ada di dalam rumah-rumah kalian di dunia ini, maka bagaimanakah perkiraanmu mengenai orang yang mengamalkannya?” (HR. Ahmad).

Orang tua bisa mendapatkan pahala tersebut karena dialah yang melahirkan dan juga mendidik si anak dengan baik.

9. Rumah Lebih Bercahaya

cahaya untuk rumah kita

Rumah yang selalu diisi dengan bacaan alquran dan juga zikir akan terlihat lebih hidup. Hal ini diperkuat dengan sabda Rasullullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yakni “ Perumpamaan rumah yang disebut nama Allah di dalamnya dan rumah yang tidak disebut nama Allah di dalamnya adalah seperti perumpaan orang yang hidup dan orang yang mati”

Imam an-Nabawi berkata”Dalam hadits ini terdapat anjuran untuk (banyak) berzikir kepada Allah ‘Azza wa Jalla (termasuk membaca alquran dan zikir-zikir lainnya) di rumah hendaknya rumah jangan dikosongkan dari berzikir (kepada-Nya).

10. Bagus untuk Kesehatan

manfaat alquan

Orang yang membaca alquran juga akan lebih rileks dan tenang. Dengan demikian, alquran bisa digunakan dalam meredakan kecemasan dan juga stres.

11. Bagus untuk otak

perubahan bagi otak jika sering baca alquran

Rajin membaca alquran juga akan membuat daya ingat menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan seseorang akan lebih terlatih otaknya untuk fokus. Inilah kenapa, disarankan seseorang yang bekerja di kantor membiasakan diri membaca alquran agar lebih fokus saat memulai pekerjaannya.

Masih banyak lagi pahala membaca alquran, berikut dengan manfaatnya. Dengan membiasakan diri membaca alquran, Anda juga akan diuntungkan tidak hanya dari segi kesehatan fisik, hati, pikiran, hingga pahala, dan syafaat. Dengan banyaknya manfaat yang bisa didapatkan, tidak heran jika banyak orang membiasakan diri membaca alquran setiap saat.

Bagi Anda yang membutuhkan alquran, bisa menghubungi jasa percetakan alquran di Gema Risalah Press. Tidak hanya alquran, kami juga menyediakan berbagai jenis buku-buku islam untuk kebutuhan pribadi ataupun wakaf. Hubungi kami untuk konsultasi dan juga pemesanan secara lebih lanjut.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *