3 Tujuan utama diturunkannya Al-Qur’an – Sebagaimana benda yang lainnya yang juga mempunyai tujuan, tentunya Al-Qur’an juga memiliki sangat banyak sekali Tujuan Diturunkannya.

Kitab yang dibawa oleh Nabi Muhammad ini merupakan salah satu mukjizat Nabi Muhammad dan merupakan kitab yang terakhir, atau tidak akan ada kitab yang lain yang diturunkan setelah kitab Al-Qur’an ini.

Selain merupakan kitab yang dibawa oleh Nabi Muhammad, keistimewaan lain Al-Qur’an yakni diturunkannya pada bulan Ramadhan, atau yang sering kita sebut sebagai bulan suci. Yang didalamnya (bulan Ramadhan) memiliki banyak sekali kebaikan.
Dan tentunya, Al-Qur’an memiliki sangat banyak sekali tujuan diturunkannya.
Tetapi kali ini saya akan memberikan 3 Tujuan utama diturunkannya Al-Qur’an pada pemirsa setia TKJjunior. hehehe..
Baiklah langsung saja kita akan membahasnya satu persatu dari 3 Tujuan tersebut.
1. Sebagai petunjuk bagi manusia menuju kebahagiaan mereka di dunia dan di akhirat.
2. Sebagai pnjelasan ajaran-ajaran dan hukum-hukum syari’at Islam untuk kebaikan manusia disaat hidup maupun mati.
3. Sebagai pemisah antara yang Haq dan yang Bathil, antara kebaikan dan kejahatan, antara  kebahagiaan dan kesengsaraan, dan antara petunjuk dan kesehatan.
Tiga Tujuan utama diturunkannya Al-Qur’an yang sudah saya sebutkan diatas tentunya bukan asal-asalan, tetapi saya bisa menyebutkannya karena saya menemukan ayat Al-Qur’an yang menjelaskannya mengenai 3 Tujuan tersebut. Dan inilah arti dari firman Allah tentang Tujuan diturunkannya Al-Qur’an :
“Bulan Ramadhan, ialah bulan yang didalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang salah).” (QS. Al-Baqarah [2]:185)
Yang saya kasih huruf tebal pada ayat tersebut merupakan inti dari apa yang saya jelaskan tadi. Tetapi, ayat tersebut bukanlah sepenuhnya dari ayat 185 dari surat Al-Baqarah, melainkan hanya sebagian, dan saya ambil hanya yang menerangkan sesuai pembahasan kita kali ini.
Mungkin cukup sekian pembahasan islami kita kali ini. Bila dirasa artikel ini bermanfaat, jangan sungkan membagikan artikel ini kepada kawan-kawan kalian. Terima Kasih.
Sumber : https://tkjjunior.blogspot.co.id/2016/04/3-tujuan-utama-diturunkannya-al-quran.html

Leave a reply

ArabicEnglishIndonesian
Minimum 4 characters
Cart Item Removed. Undo
  • No products in the cart.