Produk dan Layanan Gemarisalah

Daftar Surat Pendek dan Panjang di Alquran serta Pentingnya Mempelajari Alquran

Daftar Surat Pendek dan Panjang di Alquran Terbitan dari Gema Risalah

Alquran adalah pedoman hidup umat manusia agar selamat di dunia dan di akhirat. Di dalamnya, ada daftar surat pendek dan panjang di Alquran yang perlu Kita ketahui. Surah sendiri merupakan pembagian di dalam Alquran dimana ada 114 surat yang kemudian dibagi lagi ke dalam ayat-ayat.

Surat dalam Alquran juga diklasifikasikan ke dalam dua macam yaitu Makkiyah dan Madaniyah. Makkiyah adalah surat yang turun di Mekkah sementara Madaniyah adalah surat yang turun di Madinah.

Apa Saja yang Termasuk Daftar Surat Pendek dan Panjang di Alquran

Apa Saja yang Termasuk Daftar Surat Pendek dan Panjang di Alquran

Perlu Anda ketahui bahwa surat-surat dalam Alquran tidak diturunkan secara langsung melainkan secara bertahap. Surat pertama yang turun adalah Al-‘Alaq ayat 1 sampai dengan 5. Namun, surat ini bukan menjadi yang paling awal ada di cetakan Alquran.

Akan tetapi, urutan surat di dalam Alquran ini tidaklah bersifat kronologis maupun tematik. Umumnya, surat-surat yang panjang akann ada di permulaan Alquran, sedangkan surat yang pendek ada di bagian akhirnya, kecuali surat Al Fatuhah yang menjadi pembuka dalam Alquran. Di bawah ini ada contoh surat pendak dan panjang yang ada di Alquran :

  • Daftar surat pendek di Alquran =>  Surat pendek di Alquran contohnya sudah ada di juz amma. Beberapa diantaranya adalah An Nas, Al Falaq, Al Ikhlas, Al Lahab, dan lain sebagainya.
  • Daftar surat panjang di Alquran => Surat panjang di Alquran terletak di awal kecuali Al Fatihah. Contohnya adalah Al Baqarah, Al Imran, An Nisa, Al Ma’idah, dan lain sebagainya.

Kenapa Mempelajari Alquran sangat penting bagi Umat Islam

Kenapa Mempelajari Alquran sangat penting bagi Umat Islam

Selain mempelajari urutan surah dalam Alquran, Anda juga bisa membaca dan mempelajari maknanya. Dengan demikian, maka akan ada banyak hal yang bisa kita ambil di dalamnya. Maka untuk membantu mengertia maknanya, banyak yang memilih untuk belajar dan membaca Alquran terjemahan. Selain untuk mendapatkan pahala, membaca dan mempelajari Alquran juga bisa mendatangkan berbagai manfaat, yaitu :

  • Allah akan diangkat derajat orang yang membaca Alquran, mempelajari isinya dan mengamalkannya
  • Bagi yang membaca Alquran akan mendapatkan hati yang tenang dan tenteram sekaligus bisa menjadi obat kejiwaan
  • Akan terjauh dari perbuatan yang sesat dan celaka baik di dunia dan diakhirat
  • Alquran akan menjadi syafaat di hari kiamat nanti bagi yang membacanya
  • Menjadi penawar penyakit hati dan Alquran menjadi rahmat bagi orang yang beriman
  • Membuat rumah lebih hidup dan tenang karena rumah yang digunakan untuk membaca Alquran akan dihadiri malaikat

Metode Menghafal Surat Panjang dan Pendek dalam Alquran

Metode Menghafal Surat Panjang dan Pendek dalam Alquran

Dalam Alquran terdapat surat panjang dan pendek. Cara menghafalnya pun bisa menggunakan berbagai metode yang bisa Anda terapkan, seperti halnya :

  • Metode Thariqah Tasalsuli => Penerapan metode ini adalah dengan membaca satu ayat pertama yang lalu diulang-ulang agar hafal. Jika sudah hafal, maka lanjutkan dengan membaca ayat kedua lalu diulang-ulang seperti halnya pada ayat pertama tadi. Hafal sampai lancar dan mutqin atau melekat sangat kuat. Jika sudah hafal ayat pertama dan kedua, maka ulang dengan menggabungkan kedua ayat tersebut. Jika sudah lancar dan mutqin, maka lanjutkan pada ayat ketiga dan seterusnya.
  • Metode Thariqah jami’i => Penerapan metode ini adalah dengan menghafal ayat pertama hingga lancar. Lalu, lanjutkan dengan menghafal ayat kedua hingga ketiga sampai batas hafalan yang sudah dijawadwalkan. Jika sudah sempurna hafalannya, maka ulang dari awal ayat pertama hingga ayat yang terakhir hingga lancar.
  • Metode Thariqah Muqassam => Penerapan metode ini adalah dengan membagi hafalan ke dalam beberapa bagian terbatas dalam makna. Lalu, tulis hasil hafalan. Beri setiap yang dihafal dengan sub judul. Hafalkan secara komulatif atau digabungkan.

Bagi yang sudah menghafal surat-surat di dalam Alquran juga memerlukan berbagai trik agar bisa mempertahankan hafalannya. Salah satunya adalah dengan manajemen muraja’ah yang artinya mengulang hafalannya sesuai dengan kemampuannya. Murajaah juga bisa dengan mendengarkan Alquran dari qari ternama. Selain itu, Anda juga mengulang hafalan dengan membacanya saat sholat lima waktu amupun sholat sunnah. Banyak yang menerapkan cara ini sehinga hafalan Alquran tetap melekat kuat.

Pembagian Surat-Surat dalam Alquran Berdasarkan Banyak Sedikitnya Jumlah Ayat

Pembagian Surat-Surat dalam Alquran Berdasarkan Banyak Sedikitnya Jumlah Ayat

Di dalam Alquran terdapat surat-surat yang terbagi ke dalam ayat-ayat. Ada surat yang panjang dan ada pula surat yang pendek. Jika diklasifikasikan, berdasarkan banyaknya ayat, ada beberapa pembagian dalam Alquran, seperti halnya :

  • Surat yang termasuk At-Thiwal yang merupakan surat-surat panjang, yaitu surat Al-Baqarah, Ali Imran, An-Nisa, Al-Maidah, Al-An’am, Al-A’Raf, dan Al-Anfal.
  • Surat yang termasuk Al-Mi-in yang berarti surat yang ayatnya kurang lebih terdiri dari 100 ayat
  • Surat yang termasuk al-Matsani merupakan surat-surat yang di dalamnya ada pengulangan. Surat-surat ini adalah surat setelah al-Mi-in
  • Surat yang termasuk al-Mufashal yang merupakan surta-surat pendek yang banyak pemisahnya yaitu basmalah. Dalam klasifikasi ini ada mufashal yang panjang yaitu dimulai dari surat Qaf hingga al-Mursalat. Ada juga mufashal pertengahan yang dimulai dari an-Naba hingga ad-Dhuha. Yang terakhir adalah mufashal pendek yang dimulai dari al-Insyirah hingga an-Nas.

Bagaimana Cara Mudah untuk Memesan dan Membeli Al Quran di Gema Risalah

Bagaimana Cara Mudah untuk Memesan dan Membeli Al Quran di Gema Risalah

Alquran sebagai petunjuk dan pedoman kehidupan, maka harus Kita pelajari dan mulailah dengan membacanya. Untuk itu, Kami sediakan Alquran dari berbagai penerbitan agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk pemesanan Alquran di Gema Risalah, caranya sangat mudah, yaitu dengan :

  • Klik website Gema Risalah yang terpercaya
  • Masuk ke menu shop lalu pilih menu katalog untuk mulai berbelanja di toko online Kami
  • Disana Anda akan memilih produk yang akan dibeli
  • Pelajari dulu spesifikasinya dan lihat harganya
  • Jika sudah cocok, maka klik tambahkan ke kerangjang
  • Lakukan proses selanjutnya dengan mengisi jumlah yang akan dibeli, nama Anda, alamat lengkap, nomor telepon, alamat pengiriman, lalu selesaikan pesanan
  • Setelah proses pembayaran, maka Alquran akan dikirimkan.

Cara lain yang tidak kalah mudah adalah dengan memesan Alquran melalui CS Kami yang bertugas. Kami sebagai percetakan Alquran terpercaya akan melayani dengan sepenuh hati. Sampaikan kebutuhan Anda terkait berapa jumlah yang dipesan. Selain itu, tanyakan harga dan diskon jika ada. Setelah itu, sampaikan alamat pengiriman dan pastikan mengetahui estimasi waktu kapan barang akan dikirim. Dapatkan juga resi pengiriman.

Selain mengetahui daftar surat pendek dan panjang di Alquran di atas, ketahui juga dimana penerbitan Alquran terbaik. Kami adalah salah satu pelopor percetakan dan penerbitan Alquran serta buku Ilami yang ada di Indonesia. Kami sudah berdiri sejak tahun 1990 dan memiliki kantor pusat di Bandung. Kami terbukti menjadi penerbit untuk buku dan  Alquran berkualitas, harga terjangkau, dan sudah berpengalaman.

Back to list

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.