Apa itu thaharah penting diketahui terutama oleh umat islam. Tharahah sendiri adalah mengangkat kotoran dan juga najis yang bisa membuat shalat menjadi batal atau tidak sah. Kesucian sendiri merupakan hal yang sangat penting, terlebih saat seseorang ingin melakukan ibadah shalat atau jenis ibadah yang lain.

Pengertian dan Definisi Apa Itu Thaharah

Apa itu Thaharah

Thaharah bisa diartikan sebagai bersuci atau bersih dan membebaskan diri dari kotoran ataupun najis, jika diartikan secara bahasa. Sedangkan jika diartikan secara umum, thaharah bisa berarti membersihkan kotoran dan juga najis yang bisa membuat salat tidak sah.

Kotoran dan najis yang dimaksud tidak hanya hanya yang menempel di badan namun juga di pakaian penggunanya.

Bersuci sendiri merupakan hal yang baik terutama agar ibadah diterima dan dianggap sah. Manfaat lain yang bisa dari kegiatan bersuci adalah agar dijauhkan dari berbagai jenis penyakit akibat sifat yang malas bebersih.

Dalam bersuci atau melakukan thaharah seseorang harus tahu apa saja jenis air yang bisa digunakan dan mana yang tidak boleh digunakan. Adapun jenis-jenis air yang bisa digunakan antara lain adalah air laut, air sungai, air embun, air hujan, air danau, dan air sumur.

Sedangkan jenis air yang tidak boleh digunakan, salah satunya adalah jenis air suci yang tidak dapat mensucikan. Jenis air yang satu ini halal untuk diminum namun tidak bisa digunakan untuk bersuci seperti halnya air kelapa, air teh, air kopi, dan lain sebagainya.

Cara mensucikan diri bisa dilakukan dengan menggunakan air sampai bekas najis hilang, baik dari bentuk, warna, hingga rasanya. Cara yang selanjutnya adalah dengan membersihkan hadas kecil yang dilakukan dengan berwudhu. Sedangkan hadas besar bisa dilakukan dengan cara melakukan mandi wajib.

Pembagian dari Thaharah

Apa itu Thaharah

Dalam pembagiannya, terdapat 2 macam thaharah yakni bersuci lahiriyah dan juga bersuci batiniyah. Keduanya memiliki maksud yang berbeda, seperti yang berikut ini :

Bersuci Lahiriyah

Mensucikan diri dari hadats dan juga najis yang juga merupakan bagian dari iman kedua. Bisa dilakukan dengan cara wudhu dan juga mandi wajib. Selain membersihkan najis yang melekat di badan, bersuci lahiriyah juga meliputi kegiatan membersihkan pakaian sampai dengan tempat ibadah.

Bersuci Batiniah

Ada juga bersuci batiniyah yang dilakukan dengan membersihkan jiwa dari kotoran batin seperti halnya perbuatan maksiat dan juga dosa. Contohnya antara lain adalah dengki, takabur, iri, sombong, serta jenis perbuatan maksiat yang lainnya. Lantas bagaimana cara membersihkan hal yang bersifat batiniyah tersebut?

Caranya adalah dengan memohon ampun kpada Allah SWT dengan bersungguh-sungguh serta berjanji untuk tidak mengulangi hal tersebut. Mensucikan diri secara batiniyah juga bisa dilakukan dengan cara memperbanyak ibadah untuk mendapatkan pahala serta ridha dari Allah SWT. Ada banyak ibadah yang bisa dilakukan seperti membaca al quran atau shalat malam.

Sebagai umat islam, penting bagi kita untuk tahu apa itu thaharah. Karena dengan demikian, kita juga akan tahu jenis najis apa saja yang harus dihilangkan agar ibadah menjadi sah.

Bagi Anda yang sedang membutuhkan al quran ataupun buku-buku islam, bisa menghubungi Gema Risalah Press yang merupakan jasa percetakan al quran. Anda bisa menggunakan produk yang dipesan untuk keperluan wakah di sekolah-sekolah ataupun universitas. Hubungi kami melalui salah satu kontak yang tersedia untuk melakukan pemesanan ataupun pembelian.

Leave a reply

Minimum 4 characters
Cart Item Removed. Undo
  • No products in the cart.